Pengertian
·
Istilah
pemimpin, kepemimpinan dan memimpin pada mulainya berasal dari kata dasar yang
sam “pimpin” pemimpin adalah suatu lakon/perann dalam sistem tertentu.
·
Kepemimpinan
telah didefinisi suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada
kegiatan-kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan tugasnya.
Ada 3 implikasi penting dari definisi :
1.
Pertama,
kepemimpinan menyangkut orang lain. Kesediaan bawahan/pengikut untuk menerima
pengarahan dari pemimpin, para anggota kelompok membantu menentukan
status/kedudukan pemimpin.
2.
Kedua,kepemimpinan
menyangkut suatu pembagian kekuasaan yang tidak seimbang diantara para pemimpin
dan anggota kelompok. Pemimpin mempunyai wewenang untuk mengarahkan berbagai
kegiatan para anggota kelompok, tetapi anggota kelompok tidak dapat mengarahkan
kegiatan pemimpin secara langsung.
3.
Ketiga,
pemimpin dapat juga menggunakan pengatuh. Maksudnya, pemimpin dapat
mempengaruhi bagaimana bawahan melaksanakan perintahnya.
Pendekatan Sifat-Sifat
Kepemimpinan
1.
Penelitian
awal tentang sifat-sifat kepemimpinan
Sebagian besar
penelitian-penelitian kepemimpinan bermaksud untuk
(1)
Membandingkan
sifat orang yang menjadi pemimpin dengan sifat yang menjadi pengikut
(2)
Mengidentifikasikan
ciri-ciri dan sifat-sifat yang dimiliki oleh para pemimpin efektif.
Penelitian-penelitian lain mencoba untuk membandingkan
sifat-sifat pemimpin yang efektif dan tidak efektif. Penelitian yang pernah
dilakukan belum pernah dapat menunjukan bahwa sifat tertentu dapat
membedakannya.
2.
Penemuan-penemuan
lanjutan
Sifat yang
tampaknya penting untuk kepemimpinan
efektif antara lain.
1)
Kemampuan
dalam kedudukannya sebagai pengawas
2)
Kebutuhan
akan prestasi dalam pekerjaan
3)
Kecerdasan
4)
Ketegasan
5)
Kepercayaan
diri
6)
Inisiatif.
Pendekatan Perilaku
Kepemimpinan
pendekatan
perilaku memusatkan perhatiannya pada 2 aspek perilaku kepemimpinan.
(1)
Fungsi-fungsi
kepemimpinan
Pendekatan
perilaku kepemimpinan menekankan pada fungsi-fungsi yang dilakukan pemimpin
dalam kelompoknya seseorang harus melaksanakan 2 fungsi utama. Fungsi pertama
menyangkut pemberian saran, penyelesaian, informasi, dan pendapat. Fungsi kedua
mencangkup segala sesuatu yang dapat
membantu kelompok berjalan dengan lancar.
(2)
Gaya-gaya
kepemimpinan
Para peneliti
telah menidentifikasikan 2 gaya kepemimpinan. Yang pertama, manager berorientasi tugas mengarahkan dan
mengawasi bawahan secara tertutup. Manager berorientasi karyawan mencoba untuk
lebih memotivasi bawahan dibanding mengawasi mereka. Yang kedua, manager dengan
gaya kepemimpinan ini lebih memperhatikan pelaksanaan pekerjaan dari pada
pengembangan dan pertumbuhan karyawan.
No comments:
Post a Comment